Perbedaan Finishing HPL Dan Taco

Cat Duco Dan HPL memang menjadi pilihan terbaik yang mungkin dapat anda pilih jika anda ingin membuat sebuah furniture dengan menggunakan ke-2 bahan tersebut, namun untuk k-2 bahan populer yang sering digunakan untuk bahan furniture jenis ini sendiri.

Memiliki perbedaan yang dari mana ke 2 jenis ini akan aku bahas secara rinci tentang HPL VS Duco bagusan mana yang bisa kamu ingin pilih, Pada dasarnya ke-2 bahan ini memang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing yang akan aku bahas nanti lebih jauh lagi.

Apa Itu HPL & Duco?

HPL

HPL sendiri merupakan singkatan dari (High Pressure Laminate) yang dimana fungsional untuk penggunaan di dalam metode ini yang memang memiliki beberapa ke untungan mulai dari menghemat waktu pengerjaan.

Karena Teknik dalamnya ini tidak menggunakan bahan dasar Cat, Tidak Seperti Duco melainkan dengan di tempel dengan dilapisi dengan bahan pelapis dari komposit plastik. Walaupun memakan waktu yang tidak begitu lama, dalam proses pembuatnya harus mempunyai dilakukann oleh tukang profesional yang memiliki ketelitian yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

HPL sediri memang banyak jenisnya ada yang murah namun kualitasnya tidak terlalu bagus, jadi aku disini bahas tentang standart merek TACO sebagai standart karena memang merek ini yang sering digunakan karena memiliki ketahan dan kaulitas lumayan oke, dan untuk soal harga yang tidak terlalu mahal, sangat ekonomis untuk kamu yang ingin membuat kitchen set dengan menggunakan HPL.

Lalu Sekiranya bagus mana HPL dapat membuat mempercantik ruangan rumah kamu, ini beberapa kelebihan HPL yang sudah dapat saya rangkum untuk menambah wawasan kamu.

Duco

Duco merupakan sebuah teknik finishing yang menggunakan teknik spray atau sering dikenal semprot sebagai salah satu finishingnya, Finishing spray/semprot ini adalah teknik yang finishing yang membutuhkan bantuan alat pendukung spray gun untuk menyemprotkan cat ke media yang ingin di cat.

Berbeda dengan metode yang digunakan oleh HPL Finishing Duco Sendiri dilakukan dengan melakukan pengecetann kitchen set menggunakan cat minyak, Proses Dalam melakukan catnya sendiri memakan waktu yang sangat lama karena dalam proses peng-catan sendiri bisa dilakukan hingga 3x

Mengapa 3x dalam melakukan pengecatan dapat dilakukan demi mendapatkan hasil yang maksimal dalam penggunaan si cat duco ini, Sebelum melakukan pengecatan sendiri untuk menghasilkan kualitas yang terbaik tahapan pertama yang dilakuan adalah melakukan menutup semua pori-pori dalam kayu dengan menggunakan dempul yang berbahan plastik composit

Ini Dilakukan untuk bertujuan agar kitchen set menjadi lebih rata dan setelah rata lalu langkah selanjutnya adalah melakukan pengamplasann untuk menghaluskan material Setelah Pengamplasan dan halus, kemudian lalu mulailah proses cat warna dasar dengan menggunakan Cat Duco ini, setelah kering lalu berikan sentuhan terakhir yang bisa memaksimalkan hasil glossy/dof

Didalam kitchen set merk duco ini dengan mengcat dan di beri coating, Coating sendiri merupakan sebuah lapisan terakhir yang dapat membuat kitchen set jauh terlihat berkilauan, mewah, elegan dan dapat bertahan lama.

Kelebihan HPL

Pengertian “Tahan” gores ini bukan “ANTI” ya Ka :) Itu berarti HPL memiliki ketahanan terhadap goresan-goresan dan benda yang terbentur benda yang tajam, karena tahan terhadap goresan tampilan HPL akan kembali seperti semula untuk waktu yang cukup lama.

Harga Yang Ditawarkan oleh HPL sendir memang tidak menguras terlalu daam kantong anda, rata-rata furniture yang kami buat dan kitchen set berada dalam harga yang terjangkau.

Perawatannya sendiri tidak membutuhkan trik ataupun sesuatu yang membuat kamu berpikir membersihkannya rumit, Kalian dapat membersihkannya dengan di lap dengna cairan Furniture yang telah jual di pasar untuk mendapatkan hasil yang bersih untuk permukaan HPL.

Tersedia Banyak sekali varian pilihan warna dan Motif HPL yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan warna ataupun motif yang kamu ingin gunakan didalam furniture yang ingin kamu buat.

Untuk Tahan yang aku maksud disini adalah tahan air untuk permukaan HPL, dan bukan untuk bagian “Sambungan” HPL, Permukaan HPL tidak akan berubah warna ataupun rusak jika terkena Air ataupun Minyak sekalipun

Untuk Pengerjaan pemesanan furniture dengan menggunakan finishing HPL biasanya dalam proses pengerjaannya bisa relatif lebih cepat dari pada duco dan tidak memakan waktu yang terlalu begitu lama.

Puppy with balloons

Jika HPL yang kamu gunakan ada yang “Bocel/Compel” di bagian ujung atau ada yang retak pada salah satu bagian dari furniture dapat mudah dilakukan perbaikan oleh tukang, namun terlepas dari itu semua perbaikan ini harus dilihat juga tingkat kerusakan yang dialami oleh si HPL ini, Secara gampangnya HPL yang rusak tinggal dilepas dengan menggunakan tiner dan lalu di tempel lapisan HPL yang baru.

Kelebihan Duco

Lebih Fleksibel karena bisa digunakan Pada hampir semua jenis material kayu furniture/mebel 

Bentuk Motif Dapat jauh terlihat memukau karena dengan menggunakan spray gun furniture yang memiliki sebuah motif bila di cat duco akan terlihat lebih bagus tidak seperti HPL yang akan sulit bila ingin di tambahkan motif

Memiliki Banyak Varian Warna hanya tersedia dalam warna-warna polos atau solid, cat bisa dicapur untuk mendapatkan warna tertentu, 

Karena Tahapan Proses Yang cukup lama Cat Duco dapat memberikan hasil yang terlihat fancy ataupun mewah

Untuk Dalam hasil akhirnya sendiri duco kamu dapat disesuaikan, apakah mau terlihat tampak glossy (mengkilap) atau juga maupun dof

Karena Cat Duco Dapat menutup semua bagian siku dan bahkan hingga bagian detail lainnya dari furniture, maka secara garis besar finishing duco bisa menjadi lebih awet.

Kekurangan HPL

Pada bagian HPL yang paling rentan terkena Bocel/Compel ini adalah pada sudut-sudut tajam pertemuan 2 sisi. Jika tidak di buat dengan ketalitian HPL akan mudah pecah atau maupun terlepas sebagian, Namun Hal Ini dapat disiasati dengan menggunakan tukang profesional agar lebih mudah terminimalisir kesalah tersebut.

Sampai titik tertentu HPL cukup tahan dengan suhu yang hangat ataupun panas. Namun Karena ditempelkan lem, maka jika terpapar oleh suhu panas yang cukup lama daya rekat lem bisa mulai berkurang dan membuat HPL “Mengembung” Tapi tenang masal ini jarang terjadi jika kitchen anda didesain dengan baik dan jauh dari sumber panas.

Karena tidak Begitu tahan terhadap suhu panas maka Penggunaan dengan menggunakan finshing HPL kurang worth it bila diletakan di luar ruangan.

Karena banyak vendor interior lain yang banyak menggunakan HPL sebagian pilihan finishing membuat HPL terlihat pasaran, Namun kenyataannya tidak juga dengan mengnyiasatinya dengan menggunakan desain yang cantik dan terlihat elegan yang dapat di bantu didesain oleh tukang desain yang telah professional bahkan tidak kalah dengan duco jika di kerjakan dengan apik.

Kekurangan Duco

Untuk Cat Duco sendiri jauh lebih mahal ketimbang

Karena Dalam Proses Pengecatannya Memakan Waktu Lama Menjadikan Pembuatan Kitchen Set/Furniture menjadi lebih lama

Hasil Finishing HPL